Kamis, 14 Agustus 2014

Ebook Hikayat Pandawa Lebur Online

Ebook Hikayat Pandawa Lebur Online
http://opac.pnri.go.id/DetaliListOpac.aspx?pDataItem=W+144&pType=CallNumber&pLembarkerja=-1
perpusnas.go.id
Buku elektronik (disingkat Buku-e atau ebook) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku, majalah atau naskah berjudul   Hikayat Pandawa Lebur (W 144) dalam format FlipBooks yang menampilkan buku dalam format 3D yang bisa dibuka-buka (flipping). 
askah berbentuk Prosa Kertas dengan cap -.
Sebagian kertas pada permulaan cerita sudah lapuk dan dimakan tinta, dan diberi kertas laminasi serta berlubang kecil-kecil, sehingga tulisan tidak terbaca.
Van Ronkel 1909, halaman 17.
hlm. yg ditulis 200 hlm. kosong: -.
Judul dalam teks: -, judul luar teks: -.
AWAL TEKS: Teks sudah tak dapat terbaca lagi karena tintanya sudah tembus ke kertas, sehingga tulisannya sudah pudar. AKHIR TEKS: Maka keluarlah persantapan dari dalam pura terlalu banyak diangkat dayang-dayang serta menyandang wali kuning, maka ramailah orang makan dan minum serta dengan bunyi-bunyiannya terlalu ramai pada sulang menyulang serta dengan tembang adanya.
Raja Darmawangsa bersama saudara-saudaranya pergi meninggalkan negerinya untuk bertapa. Kemudian diceritakan tentang raja Brajanila datang menyerang kerajaan Mandarapura, dan dapat menaklukan raja-raja yang bernama Ngrasena. Raja Ngrasena adalah keturunan Pandawa. Akan tetapi berkat bantuan Arjuna, yang sekarang telah menjadi bagawan dan berada di Martawangsa, raja Brajanila dapat dikalahkan. Akhirnya Arjuna menikah dengan putri Mandarapura. sementara itu Korawa datang menyerang negeri Martawangsa, tetapi gagal karena Martawangsa mendapat bantuan dari Gatotkaca. Peperangan masih terus berlangsung antara Astinapati (Korawa) dengan Mandarapura, yang dibantu oleh Pandawa Lima. Setelah Batara Narada turun untuk memisahkan mereka, barulah peperangan itu dapat dihentikan.
Aksara Arab, Bahasa Melayu.
Silahkan Klik gambar bukunya untuk langsung terhubung dengan buku digitalnya. Untuk baca buku lainnya Klik Ebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar