Kamis, 07 Agustus 2014

Ingin Mengunjungi Situs Warisan Budaya Dunia, ini 8 Diantaranya Rekomendasi UNESCO

Ingin Mengunjungi  Situs Warisan Budaya Dunia, ini 8 Diantaranya Rekomendasi UNESCO
commons.wikimedia.org

Daftar situs warisan budaya dunia dari UNESCO bisa menjadi panduan destinasi wisata yang patut Anda kunjungi. Ada sekitar 1.000 situs yang masuk dalam daftar tersebut, termasuk Candi Borobudur.

Bahkan tahun lalu, sebuah situs wisata, VeryFirstTo.com, menawarkan paket perjalanan mewah berupa ekspedisi ke 962 situs warisan budaya UNESCO. Perjalanan ini disebut-sebut sebagai liburan termahal di dunia. Sebab, peminatnya mesti merogoh kocek sebesar 1,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 17,5 milyar.

Berikut beberapa di antara situs-situs warisan dunia tersebut. Situs yang dipilih berada di benua Asia dan Australia yang secara jarak dekat dengan Indonesia.

1. Angkor, Kamboja. Situs ini berada 20 menit naik tuk-tuk dari kota Siem Reap. Pengunjung banyak yang datang di antara bulan November dan Februari, ketika cuacanya sedang kering dan suhunya paling dingin.

2. Bagan, Myanmar. Berlokasi di barat pusat Myanmar, Bagan dapat didatangi menggunakan pesawat, bus, dan kereta dari Yangon. Akomodasi terpusat di desa sekitar New Bagan dan Nyaung Oo.

3. Taman Nasional Goreme National Park dan Situs Batu Cappadocia, Turki. Karena situs ini begitu terpencil di pusat Anatolia, kebanyakan pengunjung memilih terbang dari Istanbul untuk mengunjungi area dengan paket tur atau menyetir. Akomodasi di sini berupa hotel yang dibuat dari batu.

4. Great Barrier Reef, Australia. Kepulauan ini bisa diakses dengan penerbangan dari daratan Australia. Bisa juga datang melalui tur sehari dari utara pelabuhan Queensland termasuk Cairns dan Port Douglas.

5. Hampi, India. Hampi dilayani oleh bus semalaman dari Goa. Kereta berjalan ke Hospet yang dekat dari Chennai, Mumbai, Bangalore, Delhi, dan Kalkuta. Pengunjung akan menemukan penginapan bagus dengan harga menengah bawah di sekeliling Desa Hampi.

6. Petra, Yordania. Bus dan paket tur seharian berjalan dari ibu kota Yordania, Amman, serta kota pelabuhan Aqaba. Dapat juga mengatur tur dari Mesir. Jika ingin menginap lebih lama, menginaplah di Wadi Musa, kota tetangga Petra.

7. Piramid Giza, Mesir. Hanya 25 kilometer barat daya Kairo sepanjang sungai Nil. Kompleks ini sangat mudah dikunjungi menggunakan perjalanan sehari dari ibu kota Mesir.

8. Sigiriya, Srilangka. Situs pusat Srilangka berlokasi dua sampai tiga jam dengan bus lokal dari kota Kandy (melalui Dambulla, rumah dari  kompleks candi gua besar). Dapat juga mengatur tur atau supir pribadi dari Kandy.

Sumber berita Kompas.com