Minggu, 21 September 2014

Ebook Manuskrip Hikayat Seribu Masail Online

Ebook Manuskrip Hikayat Seribu Masail Online
perpusnas.go.id
Buku elektronik (disingkat Buku-e atau ebook) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku, majalah, Surat Kabar dan Kumpulan Foto serta Naskah Kuno.  Manuskrip Hikayat Seribu Masail  (W 82).
Naskah berbentuk Prosa Kertas impor tebal dengan cap Singa dalam lingkaran: CONCORDIA.
van Ronkel 1909, halaman 241.
Naskah masih baik, kertas masih baik, tulisan jelas terbaca, ditulis dengan menggunakan tinta berwarna hitam pada bagian tertentu menggunakan tinta berwarna merah.
hlm. yg ditulis 106 + (i) hlm. kosong: ii, iii, iv, v (4).
Judul dalam teks: -, judul luar teks: Hikayat Masalah Seribu.
AWAL TEKS: Bismillahi r-Rahmani r-Rahim Alhamdullillahi robbil 'alamin wa l-'aqibatu li l-muttaqin wassalatu wassalamu 'ala sayyidina Muhammadin wa alihi washahbihi ajma'in, amma ba'du. Segala puji bagi Allah subhanahu wa ta'ala Tuhan seru sekalian alam menjadikan jin dan manusia seperti firman Allah ta'ala di dalam Kuran. AKHIR TEKS: Setelah itu maka Rasul Allah pun menjamu Abdullah ibn Salam dengan segala kaum yang tujuh ratus itu sekalian yang mengucap Alhamdullillahi rabbil alamin. Setelah itu maka Abdullah ibn Salam pun pulanglah ke benua Khaibar serta dengan segala kaumnya yang tujuh ratus orang itu membawa agama kepada nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam.
Merupakan tanya-jawab antara Nabi Muhammad dengan Abdullah ibn Salam, seorang pendeta Yahudi dari Khaibar.pertanyaan yang diajukan Abdullah tidak sampai seribu buah, melainkan hanya dua puluh enam buah saja, antara lain: Apakah agama islam itu agama Allah? Apakah Islam, dan apakah Iman itu? Berapa jumlah agama itu? Setelah nabi dapat menjawab semua pertanyaannya, maka Abdullah ibn Salam bersama kaumnya bersedia memeluk agama Islam. Banyak terdapat kalimat Arab, yang diambil dari ayat Kuran.
Aksara Arab, Bahasa Melayu.
Naskah berbentuk Prosa Kertas impor tebal dengan cap Singa dalam lingkaran: CONCORDIA.
van Ronkel 1909, halaman 241.
Adalah Manuskrip Melayu ditulis dalam bahasa arab dalam format FlipBooks yang ditampilkan dalam format 3D yang bisa dibuka-buka (flipping). Silahkan Klik gambar bukunya untuk langsung terhubung dengan file onlinenya (digital). Untuk baca ebook lainnya Klik Ebook.