Selasa, 09 September 2014

Ebook Manuskrip Adat Raja-Raja Melayu Online

Ebook Manuskrip Adat Raja-Raja Melayu Online
perpusnas.go.id
Buku elektronik (disingkat Buku-e atau ebook) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku, majalah, Surat Kabar dan Kumpulan Foto serta Naskah Kuno.  Adat Raja-Raja Melayu (W 64). 
Judul dalam teks: Adat segala raja-raja Melayu, judul luar teks: Adat raja-raja beristri.
hlm. yg ditulis i+54 hlm. kosong: ii-v.
Naskah dalam keadaan baik. Kertas coklat. Tulisan jelas dan ditulis dengan tinta coklat dan merah. Penjilidan baik dan dijilid dengan karton coklat.
Van Ronkel halaman 309.
Naskah berbentuk Prosa Kertas Kertas impor tebal dengan cap Singa dalam lingkaran: Vryheid.
AWAL TEKS: Alkisah maka tersebutlah perkataan pri adat segala raja-raja Melayu yang purbakala raja-raja yang besar-besar tatkala istri baginda itu hamil apabila sampailah tujuh bulan lamanya itu. AKHIR TEKS: Pasal pada menyatakan perinya orang berbuat hikmat siri kuali. Pertama-tama ambil daun mentimun Cina dan dedak sekamlah sadan. Maka remas bersama-sama dengan daun mentimun itu. Maka sirilah kuali itu sudah disira maka celupkan obat itu. Setelah sudah maka sira pula maka celupkan pula sekali lagi. Apabila sudah rapat maka pungut lembaki kuali itu maka titik perlahan-lahan. Setelah sudah maka dicelupkan pula dan demikianlah hikmatnya itu. Tamat alkalam bil khiori wassalam.
Mengenai adat istiadat istri raja yang hamil, adat perkawinan, tata krama dengan orang tua-tua, cara mengatur meja, peraturan dan keturunan dari raja-raja dan mentri-mentri serta jabatan tinggi lainnya, tentang pemakaian beberapa jenis barang, dan lain-lain.
Aksara Arab, Bahasa Melayu.
Adalah Manuskrip Melayu ditulis dalam bahasa arab dalam format FlipBooks yang ditampilkan dalam format 3D yang bisa dibuka-buka (flipping). Silahkan Klik gambar bukunya untuk langsung terhubung dengan file onlinenya (digital). Untuk baca ebook lainnya Klik Ebook.