Rabu, 10 September 2014

Ebook Manuskrip Hikayat Anbiya Online

Ebook Manuskrip Hikayat Anbiya Online
http://opac.pnri.go.id/DetaliListOpac.aspx?pDataItem=0010-0914000963&pType=Bibid&pLembarkerja=-1
perpusnas.go.id
Buku elektronik (disingkat Buku-e atau ebook) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku, majalah, Surat Kabar dan Kumpulan Foto serta Naskah Kuno.  Manuskrip Hikayat Anbiya (W 66).
Naskah cukup baik jelas terbaca, tetapi kertasnya lapuk, jilidannya sudah pada lepas-lepas (rusak).
Van Ronkel halaman 213.
Naskah berbentuk Prosa Kertas impor tebal dengan cap Singa dalam lingkaran.
AWAL TEKS: Bismillahi r-Rahmani r-Rahim Wabihi nasta'inu billahi 'ala Ini bermula adapun bahwa inilah tafsir daripada Muhammad ibnu al Hasan dan ia menengar daripada anak Ishak bin Ibrahim Alsnawi sama benuanya, dan ia menengar daripada Muhammad Anthari Sananur dan ia menengar daripada Maimunah ibnu Mahran al Hadi. AKHIR TEKS: Sahdan maka disambutnya akan Musa lalu diribanya. Maka dilihat Musa janggut Fir'aun yang berjajakkan dengan manikam itu dipermain-mainnya janggut raja Fir'aun itu lalu ditariknya oleh Musa tersangat sakitnya dirasai fir'aun lalu khutuknya. Maka Fir'aun pun akan Musa pada ketika itu juga maka hendaklah dibunuhnya. Maka kata Fir'aun akan istrinya Sitti Asiah Wallahu 'alam bilsawab.
Menceritakan riwayat para Nabi sebelum Muhammad, yaitu sejak Nabi Adam sampai kepada nabi Isa. Dikisahkan tentang nabi Adam dan Hawa yang terusir dari Surga; tentang Nabi Nuh dengan perahunya; Nabi Ibrahim yang mengorbankan putranya yang bernama Ismail dan lain sebagainya. Kisah dimulai dengan adanya penciptaan dunia.
Aksara Arab, Bahasa Melayu.
Judul dalam teks: Tafsir daripada Muhammad ibnu ...., judul luar teks: Kitab Ahlul Tafsir.
hlm. yg ditulis 455 + (i) hlm. kosong: -.
Adalah Manuskrip Melayu ditulis dalam bahasa arab dalam format FlipBooks yang ditampilkan dalam format 3D yang bisa dibuka-buka (flipping). Silahkan Klik gambar bukunya untuk langsung terhubung dengan file onlinenya (digital). Untuk baca ebook lainnya Klik Ebook.