Senin, 22 September 2014

Manfaat Arairut (Maranta Arundinaceae) Untuk Berbagai Penyakit: Obat Herbal

Manfaat Arairut (Maranta Arundinaceae)  Untuk Berbagai Penyakit: Obat Herbal
wikipedia commons

A. Arairut.
Arerut, Irut, Garut, Pirut, Larut, Jelarut, Salarut, Waerut, Paruta, Saguban, Sakudrawa, Ubisagu, Sagu Belanda, Srarut, Patat Sagu, medawik Cina, Angkrik, Marus, Krakus, Tawang, Labia, Walanta, Peda-peda, Peda-peda sula, Hulamoa, Laru, Huda sula, Tumbango, Bolano.
Garutararut atau irut (Maranta arundinacea) adalah sejenis tumbuhan berbentuk terna yang menghasilkan umbi yang dapat dimakan. Garut tidak pernah menjadi sumber pangan pokok namun ia kerap ditanam di pekarangan di pedesaan sebagai cadangan pangan dalam musim paceklik. Nama-nama daerahnya di antaranya: sagu (Plg.)sagu bamban (Bat.); sagu belanda, sagu betawiubi sagu (Mly.)sagu rarut (Mink.). Juga, patat sagu, larut (Sd.); angkrik, garut, gaerut, irut, larut, rarut, jlarut, klarut, waerut (Jw.); arut, larut, laru, salarut (Md.); krarus, marus (Bal.); arerut towang, tawang, labia walanta, pi walanda (bahasa-bahasa di Sulut); péda-péda, péda sula, huda sula, hula moa (bahasa-bahasa di Malut).

wikipedia commons
B. Tempat Tumbuh.
Banyak ditanam orang di  pekarangan. Daunnya berbentuk lonjong. Bunganya berwarna putih. Bonggol akarnya panjang-panjang dan berbuku-buku. Bonggol itu berselaput tipis dan mudah dikelupas, didalamnya banyak terkandung zat-zat : patinya (amilosa, amilopektin), protien, lemak, kalsium, fosfor dan besi. 
Tanaman Terna menahun, tegak, dengan batang-batang yang bercabang menggarpu, tinggi 40–100 cm. Rimpangnya lunak dan membengkak, berdaging, keputih-putihan atau kemerahan, dengan sisik daun putih kemerahan. Daun bertangkai panjang, berpelepah pada pangkalnya dan menebal, dengan helaian bentuk lonjong atau bundar telur-melonjong berujung runcing. Bunga majemuk dalam malai terminal (di ujung batang), zigomorfik, berwarna putih. Buah melonjong, merah tua, gundul sampai berambut.
Garut terutama ditanam untuk umbinya, yang menghasilkan pati yang berkualitas tinggi, berukuran halus dan berharga mahal. Rimpang garut juga dapat dijadikan sumber karbohidrat alternatif untuk menggantikan tepung terigu. Rimpang segar mengandung air 69–72%, protein 1,0–2,2%, lemak 0,1%, pati 19,4–21,7%, serat 0,6–1,3% dan abu 1,3–1,4%.
wikipedia commons

Tanaman garut hias
Tepung garut baik untuk dikonsumsi oleh orang yang lemah atau yang baru sembuh dari sakit, karena mudah dicerna oleh penderita masalah perut atau masalah usus. Tepung ini juga digunakan sebagai pengenyal berbagai macam makanan, bumbu, sup, gula-gula, masakan dan makanan pencuci mulut seperti puding dan es krim. Bubur dari rimpang yang masih segar digunakan sebagai obat oles luka dan luka bernanah; patinya dicampur dengan air atau susu digunakan untuk mengobati masalah-masalah perut (misalnya mengobati keracunan) dan diare. Seluruh bagian rimpang yang belum berserat dapat dimakan dengan cara dikukus atau dipanggang lebih dulu.
Bubur yang dihasilkan dari rimpang dipakai dalam pabrik kertas, karton, bantal dan papan tembok, dan patinya sebagai bahan dasar bedak, lem dan sabun. Ampas sisa pembuatan tepung dimanfaatkan untuk pakan ternak dan pupuk. Daunnya digunakan sebagai pembungkus. Sementara itu, beberapa kultivar garut dengan daun yang berwarna menarik digemari pula sebagai tanaman hias

C. Obat Penyakit.
Patinya untuk penyakit; Mencret, Rachitis, Radang Usus.
Untuk penyakit lainnya Klik Obat Herbal.
Sumber wikipedia & Cabe Puyang Warisan Nenek Moyang