Rabu, 21 Januari 2015

Ebook Manuskrip Hikayat Muhammad Hanafiyyah (W 71) Online

Ebook Manuskrip Hikayat Muhammad Hanafiyyah (W71) Online
http://opac.pnri.go.id/DetaliListOpac.aspx?pDataItem=0010-36340160&pType=Bibid&pLembarkerja=-1
perpusnas.go.id
Buku elektronik (disingkat Buku-e atau ebook) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku, majalah, Surat Kabar dan Kumpulan Foto serta Naskah Kuno.  Manuskrip Hikayat Muhammad Hanafiyyah (W 71).
Naskah berbentuk Prosa Kertas import tebal dengan cap Singa dalam lingkaran: PROPARTRIA EENDRAGT MAAKT.
van Ronkel 1909, halaman 253.
keadaan naskah kurang baik, kertas agak lapuk, pada halaman dua sudah tidak terbaca lagi, penjilidannya sudah lepas.
hlm. yg ditulis 690 hlm. kosong: -.
Judul dalam teks: Muhammad Hanafiyyah, judul luar teks: Muhammad Hanafiyyah.
AWAL TEKS: Bismillahi r-Rahmani r-Rahim wabihi nastain billahi, ini suatu cetra orang empunya cetra ini demikian bunyinya. ada seorang-orang perempuan di benua Syam itu terlalulah tahu membaca Kuran bernama Fatimah Syam itu namanya. Adapun akan Fatimah Syam itu terlalu rupawan di dalam negeri Syam seorang pun tiada samanya. AKHIR TEKS: maka sebaqba itulah jadi berhimpunlah segala pilu rawan itu, setelah sudah maka baginda Muhammad Hanafiyyah pun masing-masing kembalilah ke tempatnya. Telah keesokkan harinya maka saudara Amirul mu'minin Muhammad Hanafiyyah dan segala laskarnya pun pergilah sembahyang ke mesjid baginda Rasul Allah shallallahu 'alaihi wassalam pada hari itu hari Jumat. Maka segala orang benua Madinah pun berhimpunlah pergi sembahyang ke mesjid baginda Rasul Allah shallallahu 'alaihi wassalam.
Pada awalnya menceritakan tentang Fatimah dari Syria ia pergi ke Mekah untuk mencari calon suaminya yang memiliki cahaya pada dahinya, namun tidak dapat menemukannya. Kemudian diceritakan masa muda nabi Muhammad, perkawinannya, hingga peperangan Lahad, dan masa pemerintahan baginda Ali. Akhirnya kisah tentang putra Ali dengan wanita lain bernama Muhammad Hanafiyyah, yang lari ke dalam gua karena dikepung oleh tentara Yazid.
Aksara Arab, Bahasa Melayu.
Adalah Manuskrip Melayu ditulis dalam bahasa arab dalam format FlipBooks yang ditampilkan dalam format 3D yang bisa dibuka-buka (flipping). Silahkan Klik gambar bukunya untuk langsung terhubung dengan file onlinenya (digital). Untuk baca ebook lainnya Klik Ebook.