Rabu, 21 Januari 2015

Ebook Manuskrip Hikayat Muhammad Hanafiyyah (W 69) Online

Ebook Manuskrip Hikayat Muhammad Hanafiyyah (W 69) Online
http://opac.pnri.go.id/DetaliListOpac.aspx?pDataItem=0010-36331760&pType=Bibid&pLembarkerja=-1
perpusnas.go.id
Buku elektronik (disingkat Buku-e atau ebook) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku, majalah, Surat Kabar dan Kumpulan Foto serta Naskah Kuno.  Manuskrip Hikayat Muhammad Hanafiyyah (W 69).
Naskah berbentuk Prosa Kertas impor tebal dengan cap Singa dalam lingkaran: CONCORDIA.
Van Ronkel1909; halaman 250.
Naskah cukup baik, kertasnya agak lapuk, tetapi tulisan jelas terbaca, menggunakan tinta berwarna hitam, dan beberapa kalimat menggunakan tinta berwarna merah.
hlm. yg ditulis 369 + i hlm. kosong: ii, iii, iv, v, 369, 370.
Judul dalam teks: Inilah Hikayat Baginda Rasul Allah, judul luar teks: Nur Muhammad.
AWAL TEKS: Bismillahi r-Rahmani r-Rahim Alhamdulillahi robil 'alamin wa l-'Aqibatu li l-muttaqin wa sh-shalatu wa s-salamu 'ala Rasulillahi shallallahu 'alaihi wasallam wa ba'du kemudian daripada itu maka inilah hikayat baginda Rasul Allah salallahu 'alaihi wa salam. Sabda nabi salallahu 'alaihi wa salam maka pertama-tama dijadikan Allah ta'ala cahayaku. Maka menjadilah Nur Muhammad itu terlalu amat persis gilang gemilang cemerlang rupanya tersuluh seperti manikam di dalam kandil ma'lup ketergantung pada kolam. AKHIR TEKS: Dan sebab itulah menjadi berhimpunlah segala pilu dan rawan itu setelah sudah maka segala saudaranya baginda Muhammad Hanafiyyah pun masing-masing kembalilah ke tempatnya.Telah keesokkan harinya itu maka segala saudaranya pun pergilah sembahyang ke dalam mesjid kepada hari Jum'at. Jatta maka segala orang yang di dalam benua Medinah pun berhimpunlah sembahyang ke dalam mesjid baginda Rasul Allah salallahu alaihi wa salam dan demikianlah adanya.
Menceritakan tentang Muhammad Hanafiyyah, putra baginda Ali dengan wanita lain. Diawali dengan kisah Fatimah dari Syria.ia pergi ke Mekah untuk mencari calon suami yang mempunyai cahaya pada dahinya, namun tidak dapat menemukannya.Selanjutnya dikisahkan tentang masa muda Nabi Muhammad, perkawinannya, sampai kepada kisah baginda Ali. Dari perkawinannya dengan wanita lain, Ali mempunyai seorang putra bernama Muhammad Hanafiyyah. Akhirnya dalam peperangan melawan Yazid, Muhammad Hanafiyyah terkurung di dalam sebuah gua.
Aksara Arab, Bahasa Melayu.

Adalah Manuskrip Melayu ditulis dalam bahasa arab dalam format FlipBooks yang ditampilkan dalam format 3D yang bisa dibuka-buka (flipping). Silahkan Klik gambar bukunya untuk langsung terhubung dengan file onlinenya (digital). Untuk baca ebook lainnya Klik Ebook.