Rabu, 21 Januari 2015

Ebook Manuskrip Hikayat Muhammad Hanafiyyah (W 72) Online

Ebook Manuskrip Hikayat Muhammad Hanafiyyah (W 72) Online
http://opac.pnri.go.id/DetaliListOpac.aspx?pDataItem=0010-36340260&pType=Bibid&pLembarkerja=-1
perpusnas.go.id
Buku elektronik (disingkat Buku-e atau ebook) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku, majalah, Surat Kabar dan Kumpulan Foto serta Naskah Kuno.  Manuskrip Hikayat Muhammad Hanafiyyah (W 72).
Judul dalam teks: Hikayat Muhammad Ali Hanafiyyah, judul luar teks: Hikayat Muhammad Ali Hanafiyyah.
hlm. yg ditulis 265 + i hlm. kosong: -.
Maskah masih baik, tulisan jelas terbaca, kertasnya agak kotor dan sudah berwarna kecoklat-coklatan.
van Ronkel 1909, halaman 253.
Naskah berbentuk Prosa Kertas dengan cap Singa dalam lingkaran: CONCORDIA.
Allah shallalahu' alaihi wa s-salam tatkala jadi diperanakkan bundanya Aminah. Dan peri mengatakan tatkala Muhammad jadi upahan segala peristiwa. Ada seorang perempuan di benua Syam namanya Fatimah Syam. AKHIR TEKS: Maka Muhammad Hafiah pun terkejutlah lalu rebah tiada sadarkan dirinya. Maka pintu kota itupun tertutuplah datang sekarang ini. Tamat hikayat Muhammad Ali Hanafiyyah, dan akhir Hasan dan Husen tersalin pada 6 hari bulan Syaban al-karam pada hari Arba'a pukul dualapan sanah 1281 di dalam rabu adanya.
Kisah diawali dengan cerita Fatimah dari Syria, yang pergi ke Mekkah untuk mencari calon suami yang mempunyai cahaya pada dahinya. Namun ia tidak menemukannya. Kemudian menceritakan tentang masa muda Nabi Muhammad,perkawinannya, peperangannya yang dilakukannya, dan lain-lain. Disebutkan pula tentang kematian Yazid yang terbunuh dalam peperangan melawan Muhammad Hanafiyyah. namun tidak diceritakan kemenangan Muhammad Hanafiyyah dalam peperangan tersebut. Terdapat penanggalan, Riau 6 Syaban 1281 H.
Aksara Arab, Bahasa Melayu.
Adalah Manuskrip Melayu ditulis dalam bahasa arab dalam format FlipBooks yang ditampilkan dalam format 3D yang bisa dibuka-buka (flipping). Silahkan Klik gambar bukunya untuk langsung terhubung dengan file onlinenya (digital). Untuk baca ebook lainnya Klik Ebook.